Tumpahan Ciliwung & Jogging Track  Buat Si Kurwo ?

 

1471305767220

BPLS ciliwung dan cisadane yang menggawangi perairan darat dengan 2 aliran sungai yang menggenangi bagian Jakarta. Jelasnya ada pasokan dengan situ-situ atau resapan. Akan tetapi apa hubungannya dengan situ gedong diwilayah bagian bekang antara kelurahan cibinong dan cirimekar ? Tapi itu tentu lain soal, mengapa dan harus ditilik dengan jelas bahwa aliran dari arusnya yang menetap, jelasnya tidak terhubung dengan brand nama yang menjadi unit pengelolaan sentra dari alat negara yang berurusan dengan 2 sungai yang kerap harus diperhatikan karena debitnya yang bisa menjadi masalah dimusim hujan, secara khusus tentu ciliwung. Akan tetapi tidak tersambung dan tetap tidak ada titik temunya dengan situ Gedong yang dipugar.

Kurwo tidak menganggap seuatu yang special, sekalipun Situ Gedong ada tempat berlari dengan paving block nyata-nyata dari beberapa hari setelah peresmian, tetap terkelupas bagian pasir pengerasnya, sekalipun tentu uji ketahanannya akan tetap berlangsung lama. Apa yang menarik dari sarana kewargaan yang kerap justru menjadi fasilitas yang menarik untuk pemasaran hunian mewah ? jogging track ! Ketersediaan tempat bejalan dan berlari santai, segera juga pemangsa jalanan; motor akan menggunakan. Apa artinya itu bagi kurwo warga di kampung dekat situ gedong yang lebih suka berenang dengan teman tetangganya yang tetap saja takut akan ular.

“Awas-awas ada ula lu “

“Iya yang ngeri ma ula welang”

Kurwo menyahut setelah sedikit terbawa arus.

Akan tetapi apakah pemugaran situ gedong hanya untuk bocah yang kerap kali ingusan sesudah berenang dibagian aliran Dam bawah situ gedong ? Jelas harus dipikirkan yang lain, dipikirkan kedepan. Betapa butuhnya akan ruang terbuka hijau ! Tentunya akan dihaturkan terima kasih, sarana eksresi dan rekreasi kewargaan yang sudah semakin sedkit dan kerap kali tidak murah untuk dikatakan tidak gratis ! Akan tetapi mengapa sub direktorat setingkat nasional berlabel dua sungai yang rasanya juga dibagian mana bertemu dengan aliran sungai ciliwung ?

“Wo cepet pulang wo, ngga hujan juga basah-basahan, ketahuan mandi di situ lu”

Kata seorang teman kurwo yang sudah cukup lama menjagai sendalnya kurwo yang berserakan diatas Dam. Bisa ditebak, kurwo pun ngacir !

JPS

Advertisements