Menjadi menarik dari bahasan-bahasan Gordon clark, tokoh saleh yang pernah punya kontroversi perdebatan dengan salah seorang yang ‘dipuja-puja’ oleh kalangan organ keagamaan gereja, tentu sebuah perdebatan dikalangan konservatif-minoritas tapi cukup melatari andil kegamaan di Amerika sono.

Tema epistemology, studi dalam indikasi pengetahuan tentu referensinya pada teks agama. Juga ketika membahas mengenai keyakinan (beliefs) Berikut beberapa sumber yang menarik untuk jadi bahasan:

http://gordonhclark.reformed.info/writings-of-gordon-clark/

http://www.pcahistory.org/findingaids/clark/index.html

Sebuah pengantar juga menarik untuk dikemukakan, terkait filsafat Alkitabianisme-nya, dimana pokok-pokok seperti metafisika dengan referensi pada wahyu tertulis, Alkitab

http://www.trinityfoundation.org/journal.php?id=192

Pilihan terhadap Gordon Clark memang terasa menyeberang jauh yang pasti ada perbedaan dalam latar konteks, identitas keagamaan yang mayoritas akan tetapi sama-sama menghidupi demokrasi dalam tata pemerintahan yang ada. Juga ini yang menarik dan terasa secuil memang, jejak kolonial rasanya agak menjauh. Apalagi ketika organ agama menerima ‘upeti’ dan sedikit abai tentang itu. Akan tetapi bukankah ada perbudakan juga ? Sejauh ini memang menjauh dan masih dalam perdebatan.

Disayangkan memang, belum ada terjemahan bahasa Indonesianya. Semoga ada yang terbeban untuk menerjemahkan.

 

Karena secuil, sementara dirasa cukup…

 

 

Advertisements